Serang Personel dan Water Cannon, Dua Massa Terkapar Tertembak, Polres Musi Rawas Bersama Stakeholder Terkait Gelar Simulasi Sispamkota Siagakan Ratusan Personel


MUSI RAWAS-Water Cannon beserta Personel Pengendalian Massa Polres Musi Rawas (Dalmas Polres Mura), Kodim 0406 Lubuklinggau, Batalyon B Pelopor Petanang Satuan Brimob Polda Sumsel, melalui Tim PHH Brimob, Detasemen 45, dengan Mobil Maung, serta Tim Tindak Anarkis, Tim Macan, Tim Rajawali I dan II, terpaksa diterjunkan, lantaran terjadi aksi bentrok antara massa melawan personel Polres Mura.


Aksi anarkis yang sempat mencekam dilakukan massa tersebut terjadi di kawasan Taman Beregam Pusat Agropolitan Center Pemkab Mura, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Mura, sekitar pukul 08.00 WIB, Senin (26/8/2024).


Aksi massa tersebut terjadi, lantaran ada beberapa massa yang sebelumnya diamankan hingga ditahan oleh personel Polres Mura, karena sempat melakukan aksi protes perhitungan suara dan merusak baleho calon kepala daerah, selain itu massa juga sempat menghadang hingga melawan petugas saat menjalankan tugas melakukan pengawalan salah satu calon yang akan melakukan kampanye.


Saling dorong, lempar-melempar, adu jotos hingga pukul-memukul tidak bisa terelahkan dan ironisnya lagi, water cannon petugas saat diterjunkan untuk mengamankan situasi juga menjadi sasaran massa dengan cara diserbu dilempari hingga dipanjati oleh massa.


Buntut dari kejadian tersebut, ada beberapa massa yang diamankan oleh personel karena diduga sebagai provokator dan ada dua massa terkapar dilokasi, menjadi korban lantaran melakukan perlawanan kepada personel, sehingga dengan terpaksa personel melepaskan tembakan terukur untuk mengamankan dua massa tersebut.


Aksi yang sempat membuat heboh sekaligus menjadi tontonan warga Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Mura, ternyata merupakan Simulasi Sispamkota Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur dan Bupati/Wakil Bupati Tahun 2024 Polres Mura.


Kemudian, sebelum pelaksaan Simulasi Sispamkota, Kabag Ops, AKP Roy Zulisrin SH, MH, menjelaskan, pelaksanaan, Tactical Floor Game (TFG), Ops Mantap Praja Musi 2024 Polres Mura, Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Pilkada di Kabupaten Mura, dengan tujuan untuk memahami tugas masing-masing, peran, tindakan serta lokasi para personel saat terjadinya gangguan kamtibmas pelaksanaan Pilkada 2024.


Nampak hadir langsung saat pelaksanaan TFG dan Simulasi Sispamkota tersebut, Kapolres Mura, AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH, Wakapolres, Kompol M Harsono SH, Kabag Ops, AKP Roy Zulisrin SH, MH, beserta PJU dan personel Polres Mura dan personel Polsek jajaran.


Hadir juga, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Agus Susanto, Danramil 09 Terawas, Kapten Czi Epi Sugiharto, Danyon B Pelopor Satbrimobda Sumsel, AKBP Andiyano SKM, Ketua KPU Mura, Ania Trisna, Ketua Bawaslu Mura, Yenny Kartina, Kabag Umum dan Kepegawaian Sekretariat DPRD Mura, Syahemi, perwakilan Kejaksaan Negeri Lubuklinggau, perwakilan Pengadilan Negeri Lubuklinggau.


Serta, Kaban Kesbangpol, Doddy Irdiawan, Kasat Pol PP Damkar, Yudi Fachriansyah, Kabid Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub, Ruli Ade Mulya, Kepala Dinkes, drg Maya Kesuma, Kadis Kominfo Statistik, Adi Irawan, perwalilan BPBD Mura, Manajer ULP Muara Beliti, Novian Parlindo Putera dan para PJU serta personel Polres Mura.


Dalam kesempatan itu, Kapolres Mura, AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH, didampingi, Wakapolres, Kompol M Harsono SH, Kabag Ops, AKP Roy Zulisrin SH, MH, Ketua KPU Mura, Ania Trisna, Ketua Bawaslu Mura, Yenny Kartina, mengatakan bahwa, hari ini Polres Mura bersama Kodim 0406 Lubuklinggau, Batalyon B Pelopor Petanang Satuan Brimob Polda Sumsel, Satpol PP Damkar, Dishub, BPBD, KPU Mura, Bawaslu Mura, Dinkes, ULP Muara Beliti, Linmas, beserta unsur terkait, melaksanakan TFG dan Simulasi Sispamkota Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur dan Bupati/Wakil Bupati Tahun 2024 Polres Mura.


"Tentunya, TFG dan Simulasi Sispamkota ini sangat penting bagi kita, untuk memastikan bahwa setiap Personel Polres Mura dan stakeholder terkait, siap dan terlatih dengan baik dalam menjalankan tugasnya selama tahapan hingga selesainya Pilkada 2024,” kata Kapolres, saat dimintai keterangan usai digelarnya, Simulasi Sispamkota Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur dan Bupati/Wakil Bupati Tahun 2024.


Kapolres menjelaskan, pelaksanaan simulasi sispamkota tersebut, secara bersama kita bisa mengamati dan langsung melihat situasi dan kondisi, mulai dari situasi, normal, hijau, kuning dan merah, sekaligus kita bisa melakukan tindakan apa yang akan dilakukan apabila terjadinya di situasi-situasi tersebut.


Selain itu dengan dilakukannya simulasi sispamkota ini, sedikitnya bisa memberikan gambaran kepada para personel saat menjalankan tugas pada pelaksanaan Pilkada 2024, bahwasanya apabila ada gangguan kamtibmas, tindakan apa yang harus dilakukan, namun kembali lagi berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP).


"Namun kembali lagi, kita bersama-sama berharap tidak terjadi adanya gangguan kamtibmas saat pelaksanaan Pilkada 2024, sehingga pelaksanaan Pilkada 2024 serentak, berjalan dengan aman tertib dan lancar," jelas perwira berpangkat melati dua ini.


Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, untuk persiapan melakukan pengamanan pelaksanaan Pilkada 2024, di Kabupaten Mura. Polres Mura, menyiapkan dan menyiagakan 2/3 personel, sekitar 300 personel, ditambah 100 personel BKO Polda Sumsel, 75 Brimob Petanang, dan 50 personel Kodim 0406 Lubuklinggau, artinya jumlah total keseluruhan, 525 personel gabungan.


"Selain itu juga ditambah puluhan personel gabungan melibatkan pegawai Dinas Kesehatan, BPBD Mura, Sat Pol PP Damkar, Linmas. Namun kembali lagi bersama-sama kita berharap sekaligus berdoa semoga pelaksanaan pilkada di kabupaten musi rawas berjalan dengan aman tertib dan lancar," tuturnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Satresnarkoba Polres Musi Rawas Ringkus Tersangka "Serbuk Haram" Diduga Pengendalian Napi Lapas Narkotika Kelas II A Muara Beliti

Ditangkap Satresnarkoba Polres Musi Rawas Bawa Sabu, Warga Desa Pendingan Terancam Maksimal 12 Tahun Penjara

Berkat Peran Serta Kapolres Musi Rawas Presiden RI Kunjungi RS Dr Sobirin, Bupati Ucap Terima Kasih