Cek Titik Api Yang Terbakar Tahun 2023, Kapolres Musi Rawas Terjun Langsung Mitigasi dan Cek Kelengkapan Satgas PT Djuanda Sawit


MUSI RAWAS-Kapolres Musi Rawas (Mura), AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH, melakukan Mitigasi Titik Lokasi Karhutlah Terjadi di Tahun 2023, serta Melakukan Pengecekan Kesiapan Personel dan Peralatan Satgas Karhutlah di PT Djuanda Sawit, di Kecamatan Megang Sakti, Kabupaten Mura, Selasa (23/7/2024).


Turut mendampingi, Wakapolres, Kompol M Harsono. SH, Kabag Ops, Kompol Tony Saputra. SH, SIK, Kasat Intelkam, AKP Rudi Hartono SH, Kasat Samapta, AKP Freddy Rajaguguk SH, Kapolsek Megang Sakti, AKP Hendri SH, Kepala BPBD Mura, Darsan, Sekretaris Disbun Mura, Herry Akhmadi, perwakilan Kecamatan Megang Sakti, UPTD KPH Wilayah 13 Bukit Cogong, Kades Desa Pagar Ayu, Tim Relawan Masyatakat Peduli Api Kecamatan Megang Sakti dan pihak PT Djuanda Sawit.


Hal tersebut dibenarkan, Kapolres Mura, AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH, didampingi Wakapolres, Kompol M Harsono SH dan Kabag Ops, Kompol Tony Saputra SIK, saat dimintai keterangan, Selasa (23/7/2024).


"Hari ini, sengaja saya bersama PJU Polres Mura, BPBD Mura, Disbun Mura, perwakilan Kecamatan Megang Sakti, UPTD KPH Wilayah 13 Bukit Cogong, Kades Desa Pagar Ayu, Tim Relawan Masyarakat Peduli Api Kecamatan Megang Sakti dan pihak PT Djuanda Sawit, melakukan Mitigasi Titik Lokasi Karhutlah Terjadi di Tahun 2023, serta Melakukan Pengecekan Kesiapan Personil dan Peralatan Satgas Karhutlah di PT Djuanda Sawit," kata Kapolres


Kapolres menjelaskan, seperti kita ketahui bahwa pada September 2023 lalu, telah terjadi bencana karhutlah dengan sangat luas, leb8ih kurang 200 haktare diwilayah Desa Pagar Ayu, Kecamatan Megang Sakti dan berbatasan Desa Lubuk Tua, Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Mura.


"Maka dari kejadian tersebut, sehingga dilakukan mitigasi, hanya saja ketika dilakukan pemantauan di titik lokasi tersebut, saat ini telah di tanami masyarakat dengan tanaman tumpang sari berupa tanaman kelapa sawit dan jangung," jelas Kapolres 


Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, kemudian selain itu, dilakukan juga pengecekan kesiapan personel maupun peralatan satgas karhutlah yang dimiliki oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. Djuanda Sawit, Kabupaten Mura.


Setelah dilakukan pengecekan kesiapan personel begitu juga dengan persiapan sarana dan prasana yang dimiliki baik kelengkapan perorangan atau kelengkapan regu untuk pemadaman kebakaran lahan cukup baik.


“Terbukti, dilihat ada alat/perlengkapan pemadam kebakaran diantaranya, pompa jinjing air, pakaian lengkap pemadam kebakaran, armada/mobil damkar, embung air/kanal dan lain-lain," ucapnya


Kapolres berharap, kiranya kepada seluruh pegawai perusahaan, pemerintah pedesaan, kelurahan hingga kecamatan serta seluruh masyarakat untuk bersama-sama serta saling bergotong royong apabila terjadinya karhutlah. Sebab, tanpa adanya kerjasama satu sama lainnya, maka hal tersebut tidak akan bisa terwujud dengan mudah.


“Sekaligus, saya menghimbau, kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Mura, untuk bersama-sama menjaga hutan dan lahan, jangan membuka lahan dan kebun dengan cara membakar, jangan membuang puntung rokok, serta menyalahkan api yang bisa membuat terjadinya karhutla,” tutup perwira berseragam coklat dipadu berpangkat melati dua ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Satresnarkoba Polres Musi Rawas Ringkus Tersangka "Serbuk Haram" Diduga Pengendalian Napi Lapas Narkotika Kelas II A Muara Beliti

Ditangkap Satresnarkoba Polres Musi Rawas Bawa Sabu, Warga Desa Pendingan Terancam Maksimal 12 Tahun Penjara

Berkat Peran Serta Kapolres Musi Rawas Presiden RI Kunjungi RS Dr Sobirin, Bupati Ucap Terima Kasih